Kamis, 23 Januari 2014

Makna Tiap Alenia Dalam UUD 1945

Kadang nih ya dalam belajar atau ujian di pelajaran kewarganegaraan itu sering banget muncul soal tentang makna dari pembukaan UUD 1945. Gue pribadi sih suka gelagapan pekara gak hafal pembukaan padahal tiap upacara senin pagi di bacain sih ( jangan di tiru ). Nah tergeraklah hati gue untuk mulai mencari, browsing sana - sini dan sedikit mikir sendiri tentang makna dari riap alenia pembukaan itu yang gue yakin di perguruan tinggi nanti pasti ada juga soal yang keluar tentang ini ( sudah terbukti ).

  1. Alinea pertama itu ngejelasin tentang sikap Bangsa Indonesia yang enggak mau dijajah dan enggak bakal pernah menjajah dalam bentuk apapun, kemerdekaan ialah hak segala bangsa, hal ini ngejelasin bahwa setiap Bangsa memiliki harkat dan martabat hidup yang setara. Tersirat alinea pertama nyeritain komitmen “Bhineka Tunggal Ika”. Komitmen untuk bersatu menjadi sebuah cita-cita untuk Mengangkat Harkat dan martabat agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

  2. Alinea kedua  nyeritain proses perjuangan dan pergerakan telah sampai pada saat yang berbahagia hingga mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan. secara tersirat nyeritain peristiwa 1 juni 1945 dimana Bangsa Indonesia Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Indonesia.

  3. Alinea ketiga, atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan dengan didorong oleh keinginan luhur, untuk mengangkat harkat dan martabat Indonesia pun menyatakan kemerdekaan. Jelas banget ini tuh nyeritain peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945. 

  4. Alinea keempat nyeritain tujuan dan cita-cita bangsa dan peristiwa setelah Bangsa Indonesia merdeka yaitu didirikannya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berkedaulatan rakyat berdasarkan pancasila dan diatur dalam suatu Undang-undang Dasar, dengan sangat jelas menceritakan peristiwa Pengesahan UUD’45 dan Penetapan Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI oleh PPKI pada 18 Agustus 1945. Rumusan tersebut membentuk kerangka filosofis NKRI yaitu ; Sumpah Pemuda sebagai komitmen Bhineka Tunggal Ika, Pancasila Dasar Indonesia Merdeka, Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia dan UUD’45 .

Nah mungkin itu aja yang bisa gue share ya semampu kamampuan berfikir otak gue dan kemampuan stalking gue yah begitulah kira-kira makna tiap alenia dalam pembukaan UUD 1945.

 

Semoga Bermanfaat yaw ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar